gloria

depok.go.id – Gloria Natapradja Hamel, Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari Kota Depok kini sedang menyita perhatian rakyat Indonesia. Pasalnya, kewarganegaraan Gloria disinyalir masih diragukan apakah menyandang status WNI atau WN Perancis seperti kewarganegaraan ayah kandungnya.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Depok Mohammad Idris mengungkapkan bahwa Depok belum mendapatkan klarifikasi terkait dengan kewarganegaraan Gloria Natapradja Hamel dari Pusat.

“Pemkot Depok masih menunggu dari Pusat. Kami juga belum mendapatkan klarifikasi terkait dengan kewarganegaraan Gloria atau istilahnya dwikewarganegaraan. Yang kita tahu ketika menjadi calon Paskibraka menggunakan Kartu Keluarga (KK) yang tercatat ikut ibunya yang di Cinere. Gloria juga belum mempunyai KTP,” kata Mohammad Idris usai mengukuhkan 40 Paskibraka Kota Depok di Balaikota Depok.

Lebih lanjut, ungkapnya, jika dari akta kelahiran Gloria memang memiliki Ayah yang saat itu berkewarganegaraan Perancis. Namun, Idris menilai hal itu tidak masalah karena Gloria lahir di Jakarta dan tinggal di Cinere.

“Mungkin permasalahannya ini cuma perlu diklarifikasi, bahwa dalam paspornya ada kartu izin tinggal tetap yang baru diperbaharui. Artinya, secara implisit dikatakan dia sebenarnya orang Perancis, tetapi tinggal sementara di Depok. Namun, sejak SD sampai SMA di Depok. Kita sedang klarifikasi,” paparnya.

Hanya saja, terang Idris, dirinya menyerahkan proses selanjutnya kepada Kementerian Hukum dan Ham yang mempunyai kewenangan otoritas. Namun, sebagai anak yang belum berusia dewasa bahkan belum memiliki KTP maka Pemkot Depok meminta ada kebijakan dari Pemerintah Pusat. Dari sisi umurnya pun wajar bahwa Gloria belum memahami hal seperti ini.

“Dan kita ingin ada perlakuan yang baik untuk Gloria. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mudah-mudahan tidak berpengaruh buruk terhadap mental Gloria,” harapnya.

Ia pun siap memberi semangat, apresiasi kepada Gloria yang sudah berupaya dari sejak awal tes hingga sekarang masuk menjadi calon Paskibraka Nasional.

“Jaminan Kemenpora sudah ada, bahwa Gloria adalah warga Negara Indonesia (WNI) yang siap dibantu untuk menjadi salah satu anggota Paskibraka. Dan informasinya dia merupakan salah satu calon pembawa baki bendera,” tegasnya. (Meida/Nurul Hasanah/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :