Salah satu septic tank yang telah selesai dibangun di tahun ini. (Foto: Dok. Disrumkim).

depok.go.id-Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok telah merampungkan pembangunan 1.000 septic tank bagi warga prasejahtera di tahun 2019. Ribuan septic tank yang dibangun tersebar di  11 kecamatan dan 63 kelurahan yang ada di Kota Depok.

“Pembangunannya sudah rampung dan sudah diserahterimakan kepada warga yang bersangkutan,” tutur Kepala Bidang Permukiman, Disrumkim Kota Depok, Sukanda kepada depok.go.id, baru-baru ini.

Lebih lanjut, ucap Sukanda, setiap unit septic tank yang dibangun bersifat kedap air  dan memiliki daya tampung yang cukup besar. Yaitu bisa menampung 600 sampai 1.200 meter kubik limbah cair.

“Septic tank yang dibangun ini berbeda dengan yang konvensional, karena kedap air. Sehingga limbah cair yang berada di dalamnya tidak akan mencemari lingkungan sekitar dan sumur warga. Meskipun berjarak kurang dari 10 meter,” ujarnya.

Dia menambahkan, pembangunan septic tank sebagai salah satu upaya mewujudkan konsep 100-0-100 yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Yaitu 100 persen akses air minum dan sanitasi, serta 0 persen permukiman kumuh.

“Kita harapkan dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah,  ke depannya tidak ada lagi masyarakat yang membuang hajatnya secara sembarangan. Seperti di sungai atau koya,” tutupnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :