depok.go.id – Salah satu bentuk kepedulian kepada anak jalanan yang ada di Depok, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok berencana akan memberikan kesempatan magang kepada para orangtua anak jalanan yang ada di Depok. Hal tersebut disampaikan Ani Rahmawati saat ditemui di ruangannya, Rabu (16/209/2015).

“Total ada sepuluh orang yang akan kita berikan kesempatan ini,” ungkap Ani.

Mereka nantinya akan mendapat kesempatan magang di beberapa UKM industri konveksi di Cipayung selama beberapa bulan, dengan begitu mereka diharapkan nantinya dapat mengetahui seluk beluk usaha konveksi,  sehingga tidak hanya keterampilannya saja yang didapatkan, tetapi juga manajemen usaha di tempat mereka magang.

“Setelah masa magang habis, nanti pihak UMKM bisa menilai, jika mereka bekerja dengan baik bisa saja mereka akan dipekerjakan olehnya,” ujar Ani.

Ani mengatakan bahwa program ini baru tahun ini dilaksanakan. Pihak Disnakersos pastinya akan melakukan evaluasi terhadap program ini, jika berhasil ada kemungkinan jumlah pesertanya akan diperbanyak lagi.

“Ini sebagai upaya untuk meminimalisir jumlah anak jalanan di Depok, karena kebanyakan mereka justru disuruh turun ke jalan oleh orangtuanya sendiri,” lanjut Ani.

Menurutnya, keadaan ekonomi yang rendah dengan status pengangguran menjadi salah satu alasan mengapa orangtua justru menyuruh anaknya untuk mengemis di jalan.

“Makanya jika orangtuanya sendiri sudah memiliki penghasilan, mudah-mudahan jumlah anak jalanan menjadi semakin berkurang,” harapnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :