pakan ikan koidepok.go.id – Balai Penelitian dan Pengembangan Budi Daya Ikan Hias (Balitbangdias) Kota Depok memproduksi Depok Koi Feed-Red untuk pakan ikan koi. Pakan tersebut berguna untuk mengoptimalkan kualitas warna merah pada ikan koi.

“Saat ini kami telah membuat olahan pakan ikan koi menggunakan bahan baku lokal,” jelas peneliti Balitbangdias, Zamroni pada acara Rekreasi, Edukasi, Informasi, Komunikasi, Konservasi, dan Atraksi (REIKKA) di Balai Kota Depok, Rabu (16/09/2015).

Depok Koi Feed-Red  yang dihasilkan oleh Balitbangdias tersebut telah teruji secara ilmiah. Jenis karotenoid telah dikombinasikan dengan tepat sehingga untuk warna kulit dan sisik ikan koi dapat lebih optimal hingga 76 persen.

Adapun bahan baku yang digunakan antara lain kulit ari kelapa, tepung ikan kasar atau hasil ayakan halus, tepung ikan kasar utuh, tepung ikan kasar atau bagian kasar, tepung ikan halus, dedak jagung, polesan beras, pollard, pollard halus, pollard kasar, copra, bungkil kedelai, premix (vitamin dan mineral), serta bahan pencerah warna.

Lebih lanjut, Zamroni menambahkan bahwa pakan tersebut tidak untuk diperjualbelikan. Saat ini, Depok Koi Feed-Red hanya dikonsumsi oleh ikan koi yang ada di Balitbangdias saja.

“Pakan ini tidak dijual, karena kami hanya fokus untuk ikan koi yang dibudidayakan pada Balitbangdias,” tutupnya. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :