KIPdepok.go.id – Upaya memberikan informasi lebih dekat kepada masyarakat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, M. Fitriawan meminta kepada para operator Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) di tiap OPD Kota Depok turut memanfaatkan media sosial. Hal tersebut disampaikan beliau saat kegiatan sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di aula Perpustakaan Kota Depok, Rabu (16/09/2015).

“Harus bisa memanfaatkan Medsos, karena masyarakat sekarang sudah sangat menggandrungi Medsos, seperti twitter dan facebook,” ujar Fitriawan.

Menurut Fitriawan, saat ini hampir seluruh masyarakat sudah memiliki Medsos, seperti twitter dan facebook. Hal tersebut merupakan sesuatu yang harus direspon oleh para operator PPID untuk menyiarkan informasi kepada masayarakat. Melalui Medsos ini, komunikasi antara Pemkot dengan masyarakat dapat terjembatani dengan baik, karena masyarakat dapat memperoleh informasi tanpa harus menghabiskan waktu untuk mendatangi kantor OPD.

“Sekarang teknologi sudah canggih, kebutuhan informasi pun dituntut harus lebih cepat sampai ke sasaran. Melalui Medsos ini, pertukaran informasi bisa dilaksanakan lebih cepat dan efektif langsung ke pribadi masyarakat,” lanjut Fitriawan.

Selain lebih efektif dan cepat, dengan media twitter atau facebook, komunikasi pun dapat berjalan secara dua arah. Masyarakat juga bisa memberikan beberapa pertanyaan yang bisa langsung dijawab oleh para operator PPID.

Dirinya mengungkapkan bahwa kekuatan internet dan media sosial membuat hierarki sosial yang secara vertikal menjadi sama rata (horizontal). Semua kalangan dapat terkoneksi dengan sangat mudah secara cepat, di mana pun, kapan pun, dan oleh siapapun.

“Rata-rata para operator PPID ini masih berusia muda, jadinya pasti bisa lebih mudah memahami penggunaan Medsos,” tutupnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :