depok.go.id – Upaya pemanfaatan lahan dan pekarangan tempat tinggal, TP PKK Kota Depok mengimbau kepada seluruh masyarakat di lokasi program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Cipayung, Depok untuk menanam Tanaman Obat Keluarga (Toga). Hal tersebut dilakukan juga sebagai salah satu langkah dalam pengobatan keluarga secara mandiri.

“Toga banyak sekali manfaatnya, jadi kalau sakit dapat memanfaatkan tanaman tersebut tanpa harus mengonsumsi obat-obatan kimia,” tutur Ketua Pokja III PKK Kota Depok, Eni Fitria, ditemui beberapa waktu lalu saat memberikan penyuluhan di RW 07, Cipayung, Depok.

Dalam hal ini, Eni mengajak ibu-ibu yang notabenenya sebagai kader KK binaan tersebut untuk mulai menanam Toga yang dirasa dapat memenuhi kebutuhan diri sendiri setiap harinya, baik untuk pengobatan maupun bahan memasak, di mana untuk awal cukup menanam lima buah Toga.

Adapun beberapa tanaman yang sering ditanam di antaranya tanaman sirih, terong, selada, sawi, kencur, jahe, atau cabai rawit.

Lebih lanjut, wanita yang sudah aktif di PKK sejak tujuh tahun silam tersebut menambahkan bahwa Toga juga dapat dimanfaatkan untuk membentuk usaha kecil dan menengah. Tanaman tersebut dijadikan obat-obatan herbal dan kemudian dipasarkan untuk mengobati berbagai penyakit.

“Selain untuk diri sendiri, tanaman ini menambah peekonomian kita. Mari mulai menanam Toga dimulai dari lingkungan keluarga,” tambah Eni mengajak. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :