smp 9 depokdepok.go.id – Guru-guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 9 Depok membiasakan siswanya untuk salat dhuha setiap hari. Mereka mengajak para siswa memanfaatkan waktu pagi untuk sholat dhuha minimal dua rakaat sebelum memulai aktivitas pembelajaran. Setelah itu ada juga yang meneruskan dengan membaca Alquran secara pribadi sampai menjelang bel sekolah berbunyi.

“Kami ingin mulai membiasakan salat dhuha pada siswa, karena ini merupakan suatu bagian dari proses pembelajaran,” ujar Kepala SMPN 9 Depok, Nandang Hernadilaga.

Nandang mengatakan, dengan membiasakan salat dhuha dapat melatih siswa agar senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan. Selain itu, Nandang juga mengungkapkan bahwa amalan ibadah ini juga mampu menciptakan kultur islami di lingkungan sekolah.

Mantan Kepala SMPN 13 Depok itu juga menambahkan bahwa pembiasaan salat dhuha ini sudah lama dilakukan. Sekolah memulai program ini dimulai dari memberikan motivasi tentang perintah dan manfaat salat dhuha, harapannya agar siswa melaksanakan salat lebih mantap, serta dengan kesadaran diri.

“Semua kontrol kegiatan salat dhuha dan tilawah Alquran diawasi oleh guru agama dan guru yang piket pada hari yang bersangkutan. Memang tidak ada keharusan tetapi ketika melihat teman-temannya mendirikan salat dhuha biasanya yang lain akan mengikuti,” imbuh Nandang.

Di akhir perbincangan Nandang mengungkapkan bahwa siswa yang salat dhuha  semoga mampu menjaga kekompakan. Hal tersebut karena menurutnya kekompakan merupakan sarana untuk membangun hubungan sosial siswa dari siswa satu ke yang lain. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :