kaki_2depok.go.id – Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, Komunitas Aksi Kemanusiaan Indonesia (KAKI) Foundation bekerjasama dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Depok dan Paguyuban Terminal Depok (Panter) akan menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang pesertanya merupakan masyarakat binaan Terminal Depok, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas pemuda, komunitas, pelajar, serta masyarakat umum.

Ramdani, selaku Community Organizer (CO) Kaki Foundation menjelaskan bahwa rencana rangkaian kegiatan akan dimulai tanggal 20 Oktober hingga puncaknya pada 28 Oktober mendatang yang berlokasi di Terminal Depok, Margonda.

“Acaranya nanti ada pemasangan 5000 stiker bendera merah putih di seluruh angkutan umum, bakti sosial, penanaman 500 pohon di area Terminal Depok, unjuk seni anak negeri, sosialisasi dan pemeriksaan HIV/AIDS, doorprize dan masih banyak lagi,” ujar pria yang kerap disapa Dani, saat ditemui di basecamp KAKI, Jalan H. Asmawi, Kecamatan Beji, Depok, Jumat (16/10/15).

Adapun beberapa OPD yang terlibat di antaranya Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), dan Badan Lingkungan Hidup (BLH).  Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang dan meneladani semangat juang pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan di masa lalu, sehingga dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan para generasi muda dapat mencontoh perjuangan para pahlawan.

Lebih lanjut, Dani, mengatakan bahwa pemaknaan Sumpah Pemuda tidak cukup hanya pada tahapan peringatan semata, melainkan dibutuhkan upaya serius dan berkesinambungan untuk bisa menanamkan jiwa kebersamaan dan rasa memiliki terhadap segenap bangsa.

“Di tangan generasi mudalah nasib sebuah bangsa dipertaruhkan, jika generasi mudanya memiliki semangat dan kemampuan untuk membangun bangsa dan negaranya, maka sesungguhnya semua itu dapat diwujudkan dengan kekuatan bersama,” tutupnya. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :