depok.go.id – Dinas Kesehatan Kota Depok pagi tadi menggelar kegiatan sosialisasi Perda No. 2 Tahun 2015 tentang kesehatan ibu, bayi baru lahir, bayi dan anak Balita kepada petugas Puskemas Kota Depok, di aula lantai 1, Balai Kota Depok, Senin,(16/11/2015). Total ada 105 pengurus yang berasal dari 35 Puskesmas Kota Depok yang menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut.

Kepala Seksi Regulasi Dinkes Kota Depok, dr.Yuliani, mangatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Perda tersebut kepada  masyarakat, khususnya tenaga kesehatan baik Puskesmas, klinik ataupun rumah sakit. Beberapa hal yang diatur dalam Perda tersebut di antara adalah penanganan persalinan bayi, penanganan ibu hamil dan imunisasi Balita.

“Sebenarnya hal-hal tersebut sudah sering dilakukan oleh petugas kesehatan, namun untuk saat ini dan ke depannya sudah memiliki payung hukum berupa Perda,” jelasnya.

Yuliani mengatakan bahwa Perda tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap program Kota Layak Anak yang dicanangkan oleh Pemkot Depok. Selain itu juga untuk menekan angka kematian ibu dan bayi di Kota Belimbing ini.

Adapun untuk tahun 2015 ini, hingga bulan September di Depok total hanya ada 20 angka kematian bayi. Angka tersebut masih tergolong kecil jika dilihat dari jumlah penduduk Kota Depok, namun walaupun begitu, Pemkot Depok akan terus melakukan pembenahan agar bisa mencapai angka nol.

“Ada penurunan di tiap tahunnya, namun kami tetap berusaha melakukan segala perbaikan. Adanya Perda ini, diharapkan Depok bisa mencapai angka nol terkait kasus kematian bayi dan ibu melahirkan,” tutupnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :