mtq kota depok 7
depok.go.id – Sebanyak 462 warga Kota Depok beradu pengetahuan dan pemahaman keislaman dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kota Depok ke-18 di Sukmajaya. Mengusung tajuk, Satukan Tekad Membangun Masyarakat Quran, kegiatan MTQ menjadi salah satu syiar Islam yang dilakukan perangkat pemerintahan untuk mewujudkan masyarakat yang unggul dan religius.

Sri Utomo, Ketua Panitia Pelaksana Fasilitasi Penyelenggaraan Keagamaan Tingkat Kota Depok menuturkan, ajang MTQ bertujuan meningkatkan minat baca, pemahaman, dan pengamalan Alquran dalam keseharian. Di samping, meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan masyarakat Depok kepada Allah SWT.

“Selain itu, dengan diselenggarakannya kegiatan MTQ, menjadi wadah bagi kami menggali bakat dan potensi warga Kota Depok dalam memahami Alquran,” kata Sri Utomo, kepada depok.go.id, di Halaman Masjid Jami Al Istiqomah Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kamis (16/11/2017).

Sri Utomo menuturkan, tahun ini MTQ dilaksanakan di Kecamatan Sukmajaya selama tiga hari, hingga Sabtu (18/11/2017) lusa. Adapun peserta yang mengikuti ajang MTQ Kota Depok sebanyak 462 dari 11 kecamatan se-Kota Depok. Selain itu, ada 96 perangkat pembantu lainnya yang turut menyukseskan MTQ. Terdiri dari 33 ofisial, 47 dewan hakim, dan 16 panitera atau sekretaris.

Sri menyebutkan, MTQ kali ini memperlombakan 20 cabang di 6 tempat lomba (mimbar) yang semuanya bertempat di masjid di Kelurahan Mekarjaya. Pertama, Masjid Al Istiqomah sebagai panggung utama penyelenggaraan Tilawah remaja, dewasa, dan Qiraatus Sab’ah. Mimbar kedua, di Masjid Jami Al Barokah dengan perlombaan Tilawah anak, dan Muratal 1 juz. Mimbar ketiga, di Masjid Baiturrahman (Masjid Merah) untuk Tahfiz 5 juz, 10 juz, dan 20 juz.

“Selain masjid, kami juga memanfaatkan MTs Al Kautsar  Baktijaya sebagai mimbar Tafsir Quran, Tafsir Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Tahfiz 20 juz. Ada juga, SMP Negeri 4 untuk lomba Kaligrafi dan Menulis Ilmiah. Terakhir, Aula Ganesa Satria di Kelurahan Abadijaya sebagai tempat lomba Musabaqah Syahril Quran (MSQ) dan Musabaqah Fahmil Quran (MFQ),” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :