pekan kerajinan dekranasda jabar

Suasana Pembukaan Pameran Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) ke XII 2017 di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/11/17). (Foto: Jose/Diskominfo)

depok.go.id – Pameran Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) XII 2017 yang bertempat di Lotte Shopping Avenue,  Kuningan, Jakarta Selatan, jadi ajang promosi produk unggulan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Tanah Sunda. Pameran yang dibuka mulai hari ini 16 November 2017 hingga 19 November 2017 tersebut, diikuti oleh 20 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Ketua Panitia Pameran PKJB XII, Hendra Gunawan mengatakan, tujuan dari pameran tersebut adalah untuk mempromosikan produk-produk unggulan asal Jawa Barat. Menurutnya, pameran PKJB XII kali ini sengaja digelar di luar Provinsi Jawa Barat supaya produk-produknya semakin dikenal luas.

“Selama ini kegiatan-kegiatan PKJB yang sudah menjadi ikonnya acara Dekranasda Jawa Barat selalu diadakan di Bandung sebagai Ibu Kota provinsi. Untuk kali ini kita membuat terobosan dengan mengadakan pameran di luar, agar produk-produk unggulan Jawa Barat dapat dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya di Jawa Barat,” ujarnya saat ditemui depok.go.id, Kamis (16/11/17).

Ia menambahkan, produk-produk unggulan Jawa barat yang ditampilkan di pameran PKJB kali ini sangat beragam. Mulai dari gerabah, anyaman, busur panah, batik, logam, aksesoris, kujang,  dan berbagai kerajinan dari kulit.

“Pokoknya semua produk-produk kerajinan yang menjadi unggulan dari Dekranasda kabupaten/kota semuanya ditampilkan di pameran ini. Selain itu,  dalam pameran ini nantinya juga akan ada perlombaan untuk kategori desain stan terbaik, produk terbaik,  dan omzet terbesar,” jelasnya.

Dengan adanya pameran ini, ia berharap produk-produk asal Jawa Barat semakin dikenal luas, tidak hanya masyarakat Indonesia saja, tetapi juga bisa dikenal hingga mancanegara.

“Kita sengaja pilih pameran di Lotte Shopping Avenue ini, karena di sekitar pusat perbelanjaan tersebut terdapat banyak kantor kedutaan besar, dengan harapan para pekerja asing yang mengunjungi tempat ini nantinya bisa melihat produk-produk asal Jawa Barat dan menginformasikannya ke teman-teman mereka,” tandasnya.

Penulis : Jose

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :