produk ukm cipayung 2

Produk Home Industri menjadi salah satu potensi yang ada di Kelurahan Cipayung. (Foto : Dokumentasi Kelurahan Cipayung)

depok.go.id – Ekonomi kerakyatan yang cukup menonjol, membuat Kelurahan Cipayung terpilih mewakili Kecamatan Cipayung untuk ikut dalam lomba kelurahan tahun 2017. Dua potensi ekonomi kerakyatan tersebut adalah budidaya lele dan industri kerajinan skala rumah tangga yang sampai saat ini jadi penopang kehidupan warga Kelurahan Cipayung.

“Dua potensi tersebut masih terus kita pertahankan. Walaupun saat ini kita tahu lahan terus menyempit, tapi dengan adanya komitmen kuat kami, budidaya lele yang berada di RT 2 RW 6 Kelurahan Cipayung, bisa kita jaga,” ujar Lurah Cipayung Herman, di ruang kerjanya, Kamis (16/11/17).

Selain itu, pihaknya mengatakan, di wilayah Cipayung memiliki industri konveksi dan kerajinan skala rumah tangga yang tersebar di RW 3, RW 8 dan RW 11. Dengan hasil produksi berupa sandal, sepatu, keset serta berbagai pernak pernik lainnya. Kerajinan tersebut telah dipamerkan dan terjual ke berbagai wilayah Kota Depok.

“Kami juga memiliki Usaha Kecil Menengah (UKM) yang melibatkan Kelompok Wanita Tani (KWT). Untuk kualitas dan harga tidak kalah dengan produk pabrikan. Barang-barang tersebut sudah sering ikut pameran dan pernah dibeli menteri. Ini jadi kebanggaan buat kami. Maka dari itu, potensi ini terus kita pertahankan,” tambahnya.

Dirinya berharap, dengan potensi yang diikutsertakan dalam lomba kelurahan, bisa mendongkrak daya beli masyarakat. Baik untuk budidaya lele, maupun keberadaan industri rumah tangga di Kelurahan Cipayung.

“Kelurahan Cipayung terus mendorong dan mendukung potensi yang ada, terlebih kepada warga yang sampai saat ini terus menggeluti bidang tersebut. Agar keberadaannya bisa dipertahankan, bahkan bisa diteruskan oleh anak cucu nantinya,” tutup Herman.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :