pawai taaruf mtq 15depok.go.id – Empat ribu lebih warga Depok dari berbagai lapisan masyarakat, usia, dan profesi tumpah ruah di lokasi perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-18 di Kecamatan Sukmajaya. Ribuan warga tersebut rela berdesak-desakan untuk menonton iring-iringan kafilah dari berbagai kecamatan se-Kota Depok dalam pawai taaruf pembukaan MTQ Tingkat Kota Depok yang sangat kental dengan nuansa Islam.

Pawai taaruf tersebut dibuka langsung Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna. Dalam kegiatan tersebut, peserta pawai berjalan sekitar 2 kilometer (km), dari Jalan M Yusuf, Kelurahan Mekarjaya, menuju mimbar utama perhelatan MTQ di Masjid Jami Al Istiqomah yang berada di Jalan Merdeka, Kelurahan Abadijaya.

“Alhamdulillah, antusias yang ditunjukkan warga Depok sangat luar biasa. Walaupun berjalan kaki, pegal-pegal, tapi tidak menyurutkan semangat kita untuk memeriahkan MTQ ini,” kata Pradi yang ditemui depok.go.id di Halaman Kantor Kecamatan Sukmajaya, Kamis (16/11/2017).

Dari pantauan depok.go.id, para kafilah dari 11 kecamatan se-Kota Depok tampak antusias menyambut perhelatan MTQ ini. Senandung selawat dan takbir dilantunkan sepanjang perjalanan, hingga membuat penonton hanyut dalam suasana yang menyejukkan.

Ragam kreasi seni bernuansa Islami pun ditunjukkan dengan semangat dan kompak. Seperti yang ditunjukkan Kecamatan Sawangan, yang menghias mobil dengan maket masjid didominasi warna biru.

Selain itu, ada Kecamatan Tapos yang menghias mobilnya bertajuk Cinta Alquran. Hiasan kitab suci umat Islam ini dipasang di tengah-tengah mobil pikap dengan ukuran yang cukup besar. Tak ingin kalah, kafilah dari Kecamatan Beji menunjukkan kreativitasnya dengan menghias mobil menjadi seperti Kabah.

Bukan hanya kreasi seni bernuansa Islami, nuansa tradisional pun turut dihadirkan oleh beberapa kafilah. Bahkan, Kecamatan Bojongsari sempat menampilkan pertunjukkan palang pintu yang menjadi ciri khas dari kesenian Betawi.

Pawai ditutup dengan penampilan dari kafilah Kecamatan Sukmajaya, sebagai tuan rumah. Pawai melibatkan 2000 warga Sukmajaya dari berbagai usia dan profesi. Jumlah ini menjadi rombongan terbanyak yang mengikuti pawai taaruf, disusul Kecamatan Cimanggis dengan 850 kafilah.

Deni, warga RT 05/RW 25, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, mengaku takjub dengan iring-iringan pawai taaruf MTQ. Pemandangan ini, menjadi hiburan gratis bagi warga yang kebetulan melintas.

“Ramai dan seru. Semoga acaranya sukses hingga hari terakhir tanggal 18 November 2017,” pungkasnya.

Penulis Pipin Nurullah
Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :