depok.go.id – Guna mengamankan malam natal dan tahun baru, Polres Kota Depok rencananya akan mengerahkan sedikitnya 800 personel untuk berjaga-jaga di area gereja yang rawan akan tindak kejahatan pada malam perayaan hari besar umat kristiani tersebut.

“Personel akan kita sebar di 132 gereja yang ada di Kota Depok dan ada beberapa titik gereja yang mendapat pengamanan lebih ketat tergantung jumlah jemaatnya,” ujar Kapolres Kota Depok, Kombespol Dwiyono, saat ditemui usai kegiatan Rapat Pleno KPU di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (16/12/15).

Pengamanan jelang natal dan tahun baru atau yang sering disebut operasi lilin ini juga melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), TNI, dan Kesbangpolinmas.

“Kami sudah rapat kordinasi dengan seluruh jajaran terkait untuk nantinya mereka berjaga-jaga. Tidak hanya gereja tapi juga pusat keramaian lainnya,” terangnya.

Senada dengan itu, Dandim 0508, Letkol Inf. Santosa, mengaku akan menerjunkan 300 personel di semua titik gereja dan tempat keramaian.

“Semua akan kita sebar tidak terfokus pada salah satu tempat tapi pengamanan akan merata, guna antisipasi,” kata Santosa.

Jumlah personel dari seluruh pengamanan sudah sesuai perkiraan intelegen yang ada. Sterilisasi akan dilakukan dua jam sebelum kebaktian dimulai, namun sayangnya, hingga berita ini diturunkan, penetapan hari efektif mengenai pengamanan operasi lilin masih menunggu rapat koordinasi lanjutan. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskomifo).

Bagikan post melalui :