Ketua Katar Kelurahan Limo, Ikwal Zuhri  (keempat dari kanan). (Foto : Janet/Diskominfo)

depok.go.id-  Karang Taruna (Katar) Kelurahan Limo turut serta dalam meningkatan ekonomi masyarakat di wilayahnya. Salah satunya dengan mengadakan program pembudidayaan jangkrik untuk warga di Kelurahan Limo.

Ketua Katar Kelurahan Limo, Ikwal Zuhri mengatakan, pihaknya yang pertama menggagas pembudiyaan jangkrik. Untuk semua permodalan dan tenaga dilakukan secara swadaya masyarakat sebesar Rp 25 juta untuk 25 kotak jangkrik.

“Hingga kini, usaha budidaya jangkrik telah memasuki tahun kelima. Baik katar dan masyarakat sudah dapat menikmati keuntungan sekitar Rp 103 juta dari 2.000 otak jangkrik,” ujarnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakannya, budidaya jangkrik dipilih karena saat ini serangga tersebut memiliki potensi pasar yang bagus, dan perawatannya juga mudah. Saat ini pula Katar Kelurahan Limo tengah menjalin kerjasama dengan kelompok budidaya jangkrik RBS Cilodong yang siap menerima hasil produksi dari Katar Kelurahan Limo.

“Sekarang kami berjumlah 15 orang. Kami akan terus mengajak warga yang lain agar ikut serta dalam budidaya jangkrik,” katanya.

Dirinya menambahkan, Lurah Limo, Danudi Amin sangat mendorong program budidaya jangkrik. Namun, pihaknya ingin pembudidayaan ini terus mendapat dukungan dari Perangkat Daerah (PD) terkait. Dengan begitu, upaya menjadikan Limo sebagai sentra budidaya jangkrik dapat terwujud di wilayahnya.

 

Penulis : Janet Swastika

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :