Wali Kota Depok, Mohammad Idris (tengah), didampingi Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Anisa Handari (kerudung hitam) bersama15 stakeholder pemenang juara dalam Lomba Posyandu, Sekolah, dan Kecamatan Layak Anak Tingkat Kota Depok Tahun 2019, di Balai Kota, Senin (16/12/19). (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id – Sebanyak 15 stakeholder di Depok meraih juara dalam Lomba Posyandu, Kecamatan dan Sekolah Ramah Anak (SRA) Tingkat Kota Depok Tahun 2019. Kegiatan yang diinisiasi Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok ini, sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap inovasi dan pelayanan masyarakat dalam program Ramah Anak.

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Anisa Handari mengatakan, lomba tersebut sebagai upaya pembinaan dan evaluasi terhadap berbagai macam kegiatan pelayanan masyarakat dan perlindungan anak. Penilaian dilakukan oleh tim assesmen tingkat kota sejak Agustus hingga November 2019.

“Kami memberikan apresiasi untuk sekolah, pesantren, kelurahan yang terbaik dalam mewujudkan program Ramah Anak. Kita melihat berbagai upaya dan inovasi mereka untuk memenuhi lima kebutuhan dasar hak anak,” katanya di Balai Kota Depok, Senin (16/12/19).

Dikatakannya, untuk kategori Posyandu, juara pertama diraih  Posyandu RW 06 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis. Untuk juara kedua, Posyandu RW 01 Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji. Adapun Juara ketiga, sambungnya, diraih Posyandu RW 14 Kelurahan Bojongsari Kecamatan Bojongsari.

“Sementara untuk kader Posyandunya, juara pertama di raih Harsanti dari Posyandu RW 01 Kelurahan Beji Timur. Kedua, Sadiah Posyandu RW 01 Kelurahan Pangkalan Jati, dan Qisthiyah Posyandu RW 06 Kelurahan Mekarsari,” jelasnya.

Kemudian, sambungnya, dalam Lomba Kecamatan Layak Anak (KLA), juara pertama diraih Kecamatan Sukmajaya dengan lokasi khusus (lokus) di Kelurahan Cisalak. Juara kedua Kecamatan Bojongsari pada lokus Kelurahan Bojongsari, dan juara ketiga Kecamatan Beji pada lokus Kelurahan Pondok Cina.

Sedangkan di bidang pendidikan, lanjut Nessi, ada dua kategori yaitu Lomba Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Pesantren Ramah Anak (PRA). Dirinya mengurutkan juara Lomba SRA adalah SMPN 06 Depok, SMPN 03 Depok, dan SMPN 17 Depok.

Untuk PRA, ucapnya, Pondok Pesantren (Ponpes) Alhamidiyah Kecamatan Pancoran Mas, Ponpes Madinatul Quran Kecamatan Cilodong, dan Baitul Quran Kecamatan Cimanggis.

“Kami berharap, para juara lomba ini dapat menularkan ilmu yang sudah dikembangkan di tempat masing-masing ke wilayah lainnya, guna memberikan inspirasi dan motivasi. Kalau dari dinas, kami akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan secara berkelanjutan untuk posyandu dan sekolah lainnya,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :