Perwakilan konselor Puskesmas saat mengikuti Pelatihan Konseling Berhenti Merokok. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Upaya penerapan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), pihaknya memberikan pelayanan konseling berhenti merokok di Puskesmas se-Kota Depok.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Dinkes) Kota Depok, May Haryanti mengatakan, pihaknya telah memberikan pelatihan kepada 35 petugas Puskesmas se-Kota Depok. Pelatihan yang diberikan terkait bahaya rokok dan melindungi kesehatan masyarakat dari bahaya asap rokok.

“Sudah kami berikan pelatihan sebagai bekal konseling di Puskesmas, agar mereka memberikan informasi kepada masyarakat terkait bahaya merokok,” tuturnya kepada depok.go.id, Kamis (16/12/19).

Lebih lanjut, ucapnya, jadwal konseling di masing-masing Puskesmas berbeda-beda. Tentunya disesuaikan dengan program pelayanan di Puskesmas tersebut.

Dikatakan May, nantinya konseling yang diberikan tersebut tidak hanya untuk perokok yang ingin berhenti merokok. Tetapi juga kepada masyarakat yang membutuhkan informasi seputar bahaya rokok.

“Siapa pun boleh mengakses pelayanan ini sebagai bentuk dukungan KTR di Kota Depok,” tuturnya.

Terakhir, May berharap dengan adanya konselor di Puskesmas, warga lebih mudah mendapatkan informasi terkait bahaya rokok. Dengan begitu, dapat membantu masyarakat dalam upaya untuk berhenti merokok.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :