Kepala Disdukcapil Kota Depok Misbahul Munir meninjau pelaksanaan perekeman KTP- el di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cilodong, Kamis (17/01/2019). ( Foto: Janet/diskominfo)

depok.go.id-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cilodong, Kamis (17/01/2019). Perekaman e-KTP yang dilakukan sejak pagi tersebut, telah merekam sebanyak 55 warga binaan.

“Ini adalah upaya jemput bola dari Disdukcapil Kota Depok. Untuk memenuhi hak pilih masyarakat pada Pemilu yang akan datang, tanpa terkecuali warga binaan di Lapas Cilodong,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir, kepada depok.go.id di Lapas Cilodong, Kamis (17/01/19).

Dikatakannya, untuk perekaman yang didahulukan adalah warga binaan yang berdomisili di Kota Depok. Meskipun begitu, perekaman juga dilakukan bagi warga di luar Kota Depok.

“Upaya jemput bola di lapas ini salah satu dari wujud perhatian pemerintah terhadap hak-hak warga, terutama warga binaan. Upaya ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan Disducapil Depok, Nural Elvriandy menambahkan, berdasarkan data hingga jam 12.00 WIB sebanyak 55 warga binaan telah melakukan perekaman. Perekaman dilakukan jika data-data pendukung lengkap.

“Warga binaan di dalam lapas tidak dibekali identitas pendukung, dan data hanya berdasar pada pengakuan warga binaan. Jika Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak dapat terlacak di sistem perekaman, maka data warga binaan tersebut akan dicatat dan ditelurusuri kembali,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor  : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :