wali lakukan pengerukanSebagai tindak lanjut dari audiensi yang dilakukan Rabu lalu, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il turut mengikuti kerja bakti masal untuk membersihkan dan mengangkat lumpur kali irigasi di Kelurahan Meruyung, Cinere, Minggu (16/02/2014) pagi. Hal tersebut terkait rencana pengerukan kali di wilayah tersebut, karena dirasa terlalu dangkal.

Kerja bakti turut diikuti warga sekitar, TNI, Menwa UPN, Tim Satlak Banjir, Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar), OPD terkait, serta unsur dari Kelurahan dan Kecamatan sekitar. Kali irigasi ini terbentang di beberapa wilayah yaitu Meruyung, Rangkapan Jaya Baru, dan Limo. Awalnya, kali tersebut memiliki lebar 4 meter, namun saat ini ukurannya sangat sempit.

“Ini merupakan ikhtiar kebersamaan dari warga di wilayah sekitar kali serta beberapa dinas terkait, kelurahan hingga kecamatan untuk melakukan tindakan sebagai upaya-upaya normalisasi  secara manual. Dengan keadaan seperti ini, warga akan mengetahui bahwa batas yang seharusnya untuk kali gede ini seberapa besar,” tutur Orang nomor satu di Kota Belimbing.

pengerukanMenurutnya, semua pihak sudah sepakat melakukan pembatasan kembali pada kali seperti sediakala. Pada waktu yang sama juga akan dilakukan pengerukan, sehingga wilayah sekitar kali tidak akan mengalami banjir serta kekeringan. Mengingat di Kelurahan Meruyung ini banyak warga yang mengeluh karena kekurangan asupan air.

“Saya berharap sikap seperti ini harus diteruskan, karena pembangunannya merupakan salah satu unsur untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis. Sehingga tidak ada lagi keluhan dari warga di Kota Depok,” tambah pencetus One Day No Rice ini.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Yulistiani Mochtar mengatakan bahwa kerja bakti ini akan dilakukan dalam waktu yang lama, diharapkan dapat mencapai hasil yang maksimal. “Pengerukan ini ditargetkan hingga satu minggu kedepan. Untuk hari pertama akan dilakukan sepanjang 3 km dari panjang kali 11 km. Pengerukannya dilakukan di tiga titik,” tuturnya. (Diskominfo/Indri)

Bagikan post melalui :