pnsPeran dan Kedudukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam ranah politik sangat menentukan. Seperti dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung (Pilkada Langsung). Di sini, netralitas PNS menjadi salah satu sorotan yang menonjol karena bukan tidak mungkin ribuan PNS yang memiliki hak suara, berbuat curang.

Hal itu pula yang disampaikan oleh Wakil Walikota, Idris Abdul Shomad saat menyampaikan pidatonya pada apel pagi, Selasa (17/02/15) di lapangan Balaikota Depok. Dalam sambutannya, Idris mengatakan Pemilukada periode 2016-2021 rencananya akan digelar pada bulan Desember 2015, sebagai PNS diharapkan tetap netral.

“Saya ingatkan, kita sebagai PNS, tentunya harus tetap netral dan bekerja dalam prosedur yang sudah disepakati. Baiknya, kita menyikapi secara profesional, tidak untuk kelompok maupun golongan tertentu,” himbaunya.

Ia pun menambahkan, seorang PNS dituntut untuk loyal, namun dalam pengertian ini loyalitas bukan ditujukan pada kelompok tertentu apalagi pada orang tertentu, tetapi loyalitas ditujukan kepada Pemerintah, Bangsa dan Negara yang berdasarkan kepada Pancasila dan UUD 1945.

Guna mewujudkan PNS yang netral, memang diperlukan kerja keras dan perubahan pola pikir. Tidak hanya untuk Pilkada, tetapi juga pemilihan anggota legislatif dan calon Presiden maupun Wakil Presiden.

Penulis    : Vidyanita Iqomah
Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :