puskesmas sukmajay

Teropatic Feeding Center (TFC) Puskesmas Sukmajaya

Teropatic Feeding Center (TFC) yang terletak di Puskesmas Sukmajaya mempunyai peranan yang sangat penting dalam menanggulangi dan mengurangi angka gizi buruk di Kota Depok. TFC atau akrab dikenal dengan Panti Pemulihan Gizi berdiri sejak tahun 2008 atau sudah sekitar 7 tahun.

TFC Sukmajaya digunakan untuk merawat pasien gizi buruk se-Kota Depok. Sebelum digunakan untuk rawat inap, TFC ini hanya menerima pasien rawat jalan. Namun, seiring kebutuhan Kota Depok untuk memangkas angka gizi buruk maka diputuskan TFC ini untuk rawat inap pula.

Untuk setiap balita yang dirawat di TFC tidak akan dikenai biaya sama sekali. Serta untuk perawatan di TFC tentunya memerlukan waktu khusus dari ibu sang balita, sehingga pihak Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kesehatan Kota Depok memberikan uang saku kepada ibu yang menjaga sebesar Rp 30 ribu dengan batas maksimal 25 hari.

“Ibu yang menunggu balitanya yang dirawat biasanya meninggalkan pekerjaannya, sebagai contoh ada yang buruh cuci, asisten rumah tangga, atau pekerjaan lainnya, guna mengganti uang hasil kerja mereka maka TFC memberikan uang saku,” kata Bari, petugas gizi Puskesmas Sukmajaya.

Sementara itu, tahapan-tahapan yang dilakukan di TFC Sukmajaya adalah pertama fase stabilisasi. Yaitu tahap pemulihan dengan pemberian makanan yang disebut F-75. Formula ini merupakan makanan cair yang terbuat dari susu, gula pasir, minyak kelapa ditambah dengan mineral mix. Biasanya diberikan selama 3 sampai 7 hari.

Tahapan selanjutnya yaitu fase transisi diberikan F-100. Makanan cair ini memiliki bahan dasar susu skim, gula dan minyak kelapa. Tahapan terakhir adalah fase rehabilitasi makanan yang diberikan adalah formula F-135 dengan diberikan makanan bayi/lumat dan sari kurma. Kemudian, secara bertahap akan beralih kepada makanan biasa sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Penulis    : Nurul Hasanah Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :