dirjen kemendagri

Direktur Direktorat Pengembangan Kebijakan Kependudukan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Syabnikmat Nizam

 

Dengan didatanya penduduk baru di suatu wilayah, tentunya akan membawa keamanan tersendiri bagi masyarakat luas. Pasalnya, dengan pendataan tersebut warga yang tinggal di suatu wilayah dapat teridentifikasi dengan benar.

Direktur Direktorat Pengembangan Kebijakan Kependudukan  Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Syabnikmat Nizam, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Depok harus lebih selektif dan rutin melakukan pendataan penduduk, termasuk bagi pendatang yang telah berdomisili di salah satu kelurahan atau kecamatan di Kota Depok. Sehingga jika ada kasus kejahatan kendaraan bermotor yang beberapa lalu terjadi dapat mudah mengenalinya.

“Pencatatan perlu dilakukan dengan baik agar tindak kejahatan dapat ditanggulangi,” tuturnya.

Dalam hal ini, tidak hanya pihak Pemerintah saja yang harus berupaya maksimal. Namun, ketua RT atau RW setempat juga harus rajin mendata warganya karena banyak masyarakat yang pindah atau pun datang dengan urusan yang berbeda-beda. Dengan pencatatan tersebut, secara tidak langsung akan mengenali baik atau tidaknya warga yang tinggal di wilayahnya itu. Sehingga tidak akan terjadi tindak kejahatan.

“Kerjasama antar instansi perlu dikuatkan, ini demi keamanan bersama,” tambah Syabnikmat.

Penulis    : Indri Purnama Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :