Curah hujan yang terus mengguyur membuat beberapa wilayah di Kecamatan Sukmajaya, Depok mengalami banjir. Contohnya pada Perumahan Taman Duta, Baktijaya, Sukmajaya, Depok. Hal tersebut rutin terjadi setiap masuknya musim penghujan.

Menanggapi hal tersebut, Camat Sukmajaya, Aris Pujoko mengatakan bahwa pihaknya selalu berupaya melakukan berbagai hal agar banjir tidak terjadi. Untuk saat ini pihaknya mengajak warga membuat biopori sebanyak-banyaknya agar air hujan dapat terserap.

“Sejumlah lubang pada tanah dapat membantu serapan air, sehingga air tersebut tidak langsung mengalir ke Situ Pengarengan dan tidak banjir,” jelasnya.

Selain itu, Aris mengaku perlu adanya normalisasi. Saat ini, usaha yang dilakukan adalah melalui satuan tugas (satgas) yang ada di Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Depok. Cara yang dilakukan yaitu rutin membersihkan kali yang mengarah ke Perumahan Taman Duta. Sehingga, tidak ada sumbatan sampah yang mampu menghambat jalannya air.

Hal lain yang dilakukan yaitu mengajak warga sekitar untuk melakukan pemilahan sampah rumah tangga. Mengingat banyak diantara mereka masih membuang sampah di kali.

“Kami selalu menyadarkan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, semua itu demi mencegah banjir yang sering terjadi di wilayahnya,” tutup Camat dengan enam kelurahan tersebut.

Penulis    : Indri Purnama
Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :