pln damkar

Humas PLN area Depok Setyo Budiono (kiri), Kepala Area Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik Zainal Aripin(kedua dari kiri), Kepala Dinas Pemadam Kebakaran(Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok Yayan Arianto( kedua dari kanan), dan Perwakilan Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional Ishak Umar ( kanan) saling bersinergi membahas penanggulangan kebakaran dan bencana di Gedung Satlakar dan Sarana Latihan, Kamis (16/02/2017).

Depok.go.id – PLN Area Depok bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok melakukan pertemuan membahas pelayanan penanggulangan kebakaran dan bencana yang responsif dan profesional di Gedung Satlakar dan Sarana Latihan, Jalan Merdeka Raya, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Yayan Arianto mengatakan, keikutsertaan PLN dalam forum OPD tersebut sudah rutin dilakukan. Sebab kebakaran yang terjadi kerap kali dihubungkan dengan instalasi listrik.

“Hampir 70 persen kebakaran dikaitkan oleh arus pendek listrik, ketika ada peristiwa tentu yang di hubungi kami adalah PLN, untuk mematikan arus listriknya,” katanya, Kamis (16/02/2017).

Karena itu, dengan adanya forum tersebut sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk melakukan berbagai penanggulangan kebakaran secara maksimal. “Saya berharap melalui forum OPD ini dapat tersusun rencana yang partisipatif dan prioritas sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Humas PLN Area Depok, Setyo Budiono menuturkan, terkadang pemasangan instalasi di pemukiman warga memanfaatkan kabel yang tidak standar, sehingga rawan menimbulkan hubungan arus pendek listrik PLN. Untuk itu, keikutsertaan PLN dalam forum OPD Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, sekaligus menyosialisasikan mengenai jaringan listrik yang berkaitan dengan instalasi listrik. Lebih lanjut, dia menjelaskan, untuk instalasi listrik di dalam rumah menjadi hak kewenangan dari pelanggan. PLN mempunyai mitra yang mengurus mengenai intalasi dan pemasangan listrik yang di atur oleh undang undang dasar yaitu PPILN dan Konsuil.

“PLN sebagai penyedia listrik, PPILN sebagai pemasang instalasi listrik, dan Konsuil yang mengawasi. seperti tema dalam forum OPD ini, kita harus bisa meminimalkan resiko kebakaran, pencegahannya harus secara bertahap kita lakukan,” paparnya.

Selain itu, Kepala Area Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik (Konsuil) Zainal Aripin mengungkapkan, pihaknya bertugas untuk mengawasi pemasangan instalasi.

“Izin pemasangan instalasi baru harus mendapatkan izin dari kami berupa sertifikat Laik Operasi ( SLO), hal tersebut menghindari  kesalahan dalam pemasangan intalasi listrik,” ucapnya.

Dia berharap dengan adanya pertemuan ini masyarakat minimal tahu cara penanggulangan bencana secara preventif atau minimal mengetahui bahaya kebakaran yang disebabkan instalasi yang salah.

Semua kalangan harus tahu pentingnya cara menginstalasi listrik yang sesuai dengan prosedur, agar terhindar dari kebakaran karena ketidaktahuan dalam intalasi listrik,” tandasnya.

Dalam pertemuan tersebut hadir mitra pemerintah, antara lain, PLN, Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik (Konsuil) dan Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN) beserta Forum OPD Kota Depok.

Penulis: Janet Swastika

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :