rahmat pwi

TAMPIL: Kepala Seksi Kesejahteraan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok, Rahmat Tarmuji usai menghadiri kegiatan Media Gathering dalam Rangka Satu Tahun Kepemimpinan Mohammad Idris – Pradi Supriatna di Balaikota, Jumat (17/02/2017). (Foto: Guntur/ Diskominfo)

depok.go.id – Selama satu tahun duet kepemimpinan Mohammad Idris bersama Wakil Wali Kota Pradi Supriatna, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok menilai sudah berhasil menjalankan keterbukaan dibidang informasi, sehingga dapat memudahkan kinerja wartawan dalam mendapatkan informasi yang berkaitan dengan kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Dalam satu tahun kepemimpinan, Bapak Wali Kota, Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna sangat kooperatif dengan media. Saat kami ingin meminta statement mengenai program kerja Kota Depok, langsung mendapatkan respon baik dari mereka,” jelas Kepala Seksi Kesejahteraan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok, Rahmat Tarmuji usai menghadiri kegiatan media gathering dalam Rangka 1 tahun  Kepemimpinan Mohammad Idris dan Pradi Supriatna, di Balai Kota Depok, Jumat (17/02/2017).

Ia menuturkan, bukti keterbukaan informasi yang telah berhasil dijalankan Pemkot Depok adalah dengan adanya portal berita resmi milik pemerintah. Hal tersebut juga dapat membantu para wartawan untuk mencari informasi terkait kegiatan dan program Pemkot Depok.

“Sekarang ada portal berita depok.go.id. Lalu ada juga blog humas Pemkot Depok. Selain menunjang kinerja pers, adanya portal berita tersebut juga dapat membantu masyarakat kota Depok dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pemerintahnya,”ungkapnya.

Terkait dengan adanya persepsi mengenai beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang dianggap kurang terbuka dengan pers. Dikatakannya, hal tersebut sah-sah saja, sebab, sikap tersebut lebih kepada kehati-hatian para pimpinan OPD, dalam menanggapi setiap pertanyaan para jurnalis.

“Kalau menurut saya, sikap tersebut bukan mengindikasikan beberapa pimpinan OPD tidak terbuka dengan media. Namun, agar para pimpinan OPD tidak menyalahi aturan dan perlu mengkaji setiap pertanyaan yang diajukan oleh wartawan,” paparnya.

Secara umum, Rahmat menilai selama satu tahun ini, kinerja pemerintah kota Depok dibawah kepemimpinan Mohammad Idris dan Pradi Supriatna, sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut sudah terlihat sejak awal kepemerintahan berjalan.

“Mulai dari program kerja 100 hari, sudah terlihat kinerjanya. Terdapat perbaikan-perbaikan di berbagai sektor, seperti administrasi kependudukan, kesehatan, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Rahmat berharap, agar kedepannya, Pemkot Depok dapat berjalan lebih baik lagi. Karena segala sesuatu yang dianggap sudah mengalami perbaikan, harus dipertahankan, bahkan bila perlu ditingkatkan.

“Sesuatu yang sudah berjalan dengan baik, harus terus dijaga. Setelah satu tahun kepemimpinan Mohammad Idris dan Pradi Supriatna. Kami juga berharap agar Pemkot Depok dapat berjalan lebih efektif lagi. Serta dapat Lebih bekerja sama dengan media,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris menegaskan, Pemkot dibawah kepemimpinannya bukan pemerintahan yang anti-kritik. Untuk itu, dirinya pun siap bersinergi dengan para insan media.

“Kami berharap peran media lebih berimbang. Jangan terlalu underestimate, namun juga jangan overestimate. Kalau ada Kepala OPD yang memilih untuk tidak menjawab pertanyaan dari wartawan, mungkin memang masih memerlukan kajian yang mendalam. Atau mereka masih sibuk dengan tugas dan kewajiban mereka sebagai kepala dinas,” tandasnya.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :