chalik kesbangpol

IKUT FORUM OPD: Kepala Kementerian Agama Kota Depok, Chalik Mawardi beserta OPD Terkait menghadiri Forum OPD Kesatuan Bangsa Dan Politik pada Jumat (17/02/17). (Foto: Afifah/ Diskominfo)

Depok.go.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok mendorong Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) untuk melakukan upaya menyatukan seluruh masyarakat heterogen di Depok, agar rukun dan melaksanakan nilai agama. Kepala Kemenag Kota Depok, Chalik Mawardi mengatakan, ada beberapa program usulan yang menarik. Salah satunya adalah program kemah pemuda lintas agama yang diyakini dapat memupuk sikap toleransi antar umat beragama.

“Program yang diusulkan cukup memadai seperti kemah remaja lintas agama, diharapkan dapat menumbuhkan kebersamaan dalam keragaman sejak dini,” kata Chalik Mawardi kepada depok.go.id usai menghadiri Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Depok, di Aula Lt. 1 Gedung Perpustakaan Umum Walikota Depok pada Jumat (17/02/17).

Lebih lanjur, ungkap dia Kesbangpol memiliki tugas untuk menjaga keutuhan bangsa dan tegaknya NKRI di tengah masyarakat Depok yang heterogen. Menurutnya kerukunan umat beragama di Depok tergolong baik, meski masyarakatnya majemuk. Sejauh ini tidak muncul perselisihan dengan motif perbedaan atau penghinaan agama.

Alhamdullilah Depok memang memiliki sejarah panjang yang damai dalam keragaman, baik keragaman suku, ras, maupun agama,” katanya.

Chalik pun berharap agar kedepannya anggaran untuk Kantor Kesbangpol bisa bertambah. Sehingga akan lebih banyak kegiatan-kegiatan yang diadakan untuk mempererat antar umat beragama di Depok.

Sebagai Kota dengan masyarakat yang heterogen, Kota Depok senantiasa berupaya meningkatkan integrasi sosial, ketahanan nasional dan kehidupan demokrasi lokal. Keberhasilan pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dapat terwujud berkat kerukunan dan kesatuan masyarakatnya.

Penulis: Nur Afifah Putri

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :