depok.go.id-Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Depok menggiatkan penataan organisasi pencak silat agar memiliki struktur yang lengkap hingga tingkat paling bawah. Hingga kini, tercatat ada 15 paguyuban dan 89 perguruan pencak silat bernaung di bawah IPSI Kota Depok yang diyakini jumlahnya akan terus bertambah karena masih dilakukan pendataan.

“Alhamdulillah, semua kepengurusan IPSI di tingkat kecamatan sudah dibentuk, tinggal diresmikan. Setelah hari ini kita meresmikan pengurus IPSI di Panmas, ke depan giliran Kecamatan Cinere dan Kecamatan Limo,” kata Ketua IPSI Kota Depok, Hasanudin saat melantik pengurus IPSI Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) Tahun 2019-2023 di Lapangan Godam, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Minggu (17/02/2019).

Hasanudin yang juga Camat Tapos mengatakan, salah satu fungsi keberadaan IPSI di tingkat kecamatan, untuk mengkoordinasi atau mendata kelompok pencak silat di daerah. Pendataan tersebut, bertujuan untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi, khususnya apabila ada ajang kejuaraan.

“Mudah-mudahan dengan adanya pengurus IPSI di tingkat kecamatan, bisa menjadi jembatan bagi para paguyuban silat untuk lebih mengekspos diri,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua IPSI Kecamatan Panmas, Abdul Khair mengatakan, langkah pertama yang akan dilakukannya adalah melakukan koordinasi dengan setiap elemen. Mulai dari perangkat daerah hingga para paguyuban, terutama terkait pembinaan dan persiapan untuk berbagai ajang kejuaraan.

“Dengan koordinasi, kita ingin memetakan SDM atau potensi yang ada. Saat ada kejuaraan kita bisa melakukan seleksi dan mendapatkan peserta yang terbaik,” ujarnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :