depok.go.id – Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Depok, akan melakukan penindakan berupa tilang elektronik (e-tilang) kepada pengendara yang tidak dilengkapi surat kendaraan. Dengan e-tilang, pengendara akan mendapatkan lembar merah dan bisa langsung membayar denda via transfer bank.

Kasatlantas Polresta Depok,  Kompol Sutomo mengatakan, anggota memeriksa kelengkapan dan keabsahan surat pada masing-masing sepeda motor atau mobil yang melintas. Pengendara motor dan mobil yang belum membayar pajak atau tidak dapat menunjukkan surat, dapat ditindak dengan pasal yang berlaku.

“Kalau kita hanya memberikan surat tilang saja, kita tidak mengurus soal pajaknya. Karena kendaraan yang belum bayar pajak, dianggap tidak sah mengenai surat-suratnya dan menyalahi aturan,” ujarnya, saat melaksanakan kegiatan Operasi Gabungan Kendaraan Bermotor, di Grand Depok City, Selasa (17/04/2018).

Dirinya menjelaskan, kendaraan yang tidak dilengkapi dengan STNK akan  dilakukan tilang sesuai dengan Pasal 288 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan dapat dikenakan pidana dengan kurungan maksimal 2 bulan atau didenda maksimal Rp 500 ribu.

“Surat-surat berkendara, sangatlah penting bagi semua pengendara. Sebab, jika nanti terjadi hal yang tidak diinginkan pihak kepolisian akan mudah mendapatkan identitas pengendara,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, sementara ini warga Kota Depok, terbilang cukup peka dalam hal yang berkaitan dengan surat-surat kendaraan. Ke depan, polisi akan terus mengingatkan dan memberikan imbauan agar pengendara melengkapi surat-surat dan kelengkapan keselamatan lainnya.

“Kami tidak bosan memberikan imbauan bagi setiap pengendara, demi keselamatan dalam berkendara. Hal tersebut untuk meminimalisir angka kecelakaan di jalan,” tutupnya.

 

Penulis : Dian Afrianti Kunto

Editor: Dunih

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :