Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender DPAPMK Kota Depok, Nancy Olivia. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id –  Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok terus berupaya untuk meningkatkan kemandirian pada Perempuan Kepala Keluarga (Pekka). Salah satunya dengan memberikan berbagai keterampilan bagi para kelompok Pekka, sesuai dengan minat dan bakat yang dipunya.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender DPAPMK Kota Depok, Nancy Olivia mengatakan, di Kota Depok sendiri sudah mempunyai 15 kelompok Pekka yang sudah memiliki Surat Keputusan (SK) dari Wali Kota Depok. Masing-masing kelompok beranggotakan 10 hingga 20 orang perempuan yang menjadi kepala keluarga.

“Dalam satu kelompok Pekka bisa berbeda peminatan, ada yang kecenderungannya pada bidang kuliner, craft, atau pun fashion. Kami berupaya memfasilitasi mereka dengan pelatihan-pelatihan yang berguna bagi mereka,” ujar Nancy, ditemui di ruang kerjanya, Kamis (17/05/2018).

Ditambahkannya berbagai pelatihan yang diberikan oleh DPAPMK pada para kelompok Pekka, ditujukan untuk meningkatkan ekonomi kepala keluarga yang perempuan. Karena umumnya para perempuan yang menjadi kepala keluarga, cenderung mengalami kesulitan untuk bangkit dalam menjalankan kehidupannya.

“Mereka yang menjadi kepala keluarga ini bermacam-macam ada yang bercerai, suaminya sakit, atau pun suaminya yang memang tidak mampu membiayai kehidupan keluarga mereka. Kami ingin kelompok Pekka ini bisa saling memberi semangat untuk bangkit, sehingga bisa meningkatkan perekonomian mereka,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :