Para jemaah khusyuk mendengarkan kultum yang disampaikan Wali Kota Depok di Masjid Balai Kota. (Foto : Pipin/diskominfo)

depok.go.id – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, momentum bulan suci Ramadan sebagai momentum untuk menggembleng kedisiplinan seseorang. Menurutnya, tidak ada alasan untuk berleha-leha di bulan Ramadan, karena Ramadan merupakan badan diklat atau lembaga pendidikan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang paling efektif dan efisien.

“Saya katakan efektif, karena di bulan ini kita benar-benar dilatih tentang manajemen waktu,” kata Mohammad Idris saat membuka kultum perdana di hadapan ratusan jemaah Masjid Balai Kota, Kamis (17/05/2018).

Dikatakannya, penguatan manajemen waktu itu berawal dari niat. Para ulama, menganjurkan setiap malam pada saat sahur untuk meniatkan kembali berpuasa. Dikatakannya, tujuannya adalah perencanaan dan tekad untuk berdisiplin dalam menjalankan aturan-aturan berpuasa.

Mohammad Idris menambahkan, pelatihan kedisiplinan ini terlihat dari anjuran sahur dan berbuka puasa. Setelah azan Subuh, orang-orang yang berpuasa mendisiplinkan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang membatalkannya. Begitu pun, imbuhnya, ketika datang waktu berbuka, berdisiplin untuk menyegerakan berbuka puasa.

“Di balai diklat Ramadan ini, kita dilatih untuk berdisiplin, diharapkan kita menjadi insan yang bertakwa,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :