Balai Besar Pengujian Dan Pengolahan hasil mutu perikanan sedang mendemonstrasikan membedakan ikan berformalin dan tidak pada masyarakat.(Foto: Asyril/ Diskominfo)

depok.go.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggalakkan kampanye Gemar Makan Ikan (Gemarikan) saat bulan Ramadan sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan di Indonesia. Salah satunya dengan mendukung upaya Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok meningkatkan konsumsi ikan melalui bazar perikanan.

Kepala Sub Bidang Kemitraan Publik KKP, Isya Turadiyah mengatakan, kehadiran KKP saat bazar di Depok dimaksudkan untuk mengampanyekan produk perikanan dengan harga yang terjangkau di masyarakat. Terlebih saat Ramadan barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan, namun khusus komoditas ikan tidak ada kenaikan harga yang signifikan.

“Ikan sangat bagus nutrisinya dan salah satu alternatif sumber protein dengan harga terjangkau,” kata Isya kepada depok.go.id di halaman parkir depan kantor PBB, Balai Kota Depok, Jumat (17/05/2019).

Selain membawa produk perikanan dalam bazar di Depok, lanjutnya, KKP juga mengajak Balai Besar Pengujian Dan Pengolahan hasil mutu periknanan. Salah satu yang dilakukan yakni dengan melakukan edukasi pada masyarakat bagaimana membedakan ikan yang berformalin atau tidak.

“Masyarakat juga harus paham ikan yang segar dan berformalin bedanya seperti apa. Namun yang harus diperhatikan ikan ini merupakan sumber protein yang murah. Apalagi memasak ikan juga tidak butuh waktu yang lama, dan bisa diolah berbagai macam masakan,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

 

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :