depok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok berencana akan menambah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang akan beroperasi selama 24 jam. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di Kota Depok.

Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes Kota Depok, dr. Zakiah mengakui bahwa Kota Depok saat ini sudah memiliki enam Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam. Puskesmas tersebut, yaitu Puskesmas Pancoran Mas, Sukmajaya, Cimanggis, Beji, Cinere, dan Puskesmas Cipayung.

“Sekarang ada enam Puskesmas yang melayani selama 24 jam, insya Allah nanti akan ditambah lagi,” ujar dr. Zakiah.

Dokter berhijab itu menjelaskan, keenam Puskesmas yang telah melakukan pelayanan kesehatan 24 jam itu dijaga oleh petugas medis. Termasuk dokter jaga dan perawat yang siap memberikan pelayanan saat keadaan gawat darurat pada sore dan malam hari.

“Aktivitas pagi sama seperti Puskesmas pada umumnya, ada poli KIA, gizi, gigi, dan pemeriksaan rawat jalan lainnya. Hanya saja untuk yang Puskesmas 24 jam ditambah dengan dokter dam perawat jaga apabila ada kondisi gawat darurat yang terjadi di sore dan malam hari,” jelas dr. Zakiah.

Dirinya juga memberi informasi bahwa pada tahun 2016 mendatang, setidaknya akan ada tiga Puskesmas yang akan beroperasi untuk 24 Jam. Penambahan Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Bojong Sari, Limo, dan Kedaung untuk di Kecamatan Sawangan.

Adanya penambahan tiga Puskesmas 24 Jam ini, akan dilakukan pembenahan secara bertahap mengenai Puskesmas yang ada di Kota Depok, baik dalam segi sarana prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM), maupun penambahan infrastruktur penunjang lainnya. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :