Kegiatan Jumsih Kelurahan Kukusan. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id –  Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, mendukung program Zero Waste City yang digagas Pemkot Depok dengan melakukan aksi Jumat Bersih (Jumsih). Kegiatan yang juga melibatkan warga secara langsung ini, juga sebagai bentuk kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kegiatan tersebut rutin dilakukan, sekaligus juga untuk sosialisasi PHBS ke warga. Jumsih dilakukan oleh seluruh ASN di kantor kelurahan bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK),” ujar Lurah Kukusan, Hasan, Selasa (17/07/18).

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, Jumsih dilakukan di lingkungan secara bergantian, baik di kantor kelurahan, jalan, saluran, dan gang. Selain jumsih, TP PKK Kelurahan Kukusan juga rutin melakukan pemeriksaan jentik berkala di tiap rumah.

“Pemeriksaan ini salah satu upaya mencegah berkembangnya nyamuk aedes aegypti, sehingga warga Kukusan bisa terbebas dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD),” jelasnya.

Dirinya menambahkan, melalui lingkungan yang bersih, indah dan nyaman di Kukusan, Hasan berharap, akan tercipta budaya cinta kebersihan dan keindahan lingkungan. Dengan begitu, akan tertanam kesadaran pada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Dengan lingkungan yang bersih, otomatis akan tercipta lingkungan yang sehat. Tanpa kerja sama dan sinergisitas yang baik dari warga, tentu akan sulit mewujudkan itu semua,” tutupnya.

Penulis: Dian Afrianti Kunto
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :