Wali Kota Depok Mohammad Idris (batik hitam) bersama Dishub Kota Depok. ( Foto: Janet/Diskominfo)

depok.go.id-Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, pemutaran lagu Tertib Lalu Lintas (Tiblantas) di lampu merah bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu lintas. Sekaligus juga sebagai penanda bagi penyeberang jalan di zebra cross.

“Untuk mengatasi kemacetan, Dishub melakukan manajemen rekayasa lalu lintas. Pemutaran lagu adalah sebagian kecil dari manajemen ini. Sebagai sarana edukasi masyarakat berlalu lintas melalui lagu,” ujarnya kepada depok.go.id, Rabu (17/07/2019).

Dirinya menjelaskan, pemutaran musik ini ada dalam program  Joyful Traffic Management (JoTRAM). Pihaknya, kata Dadang, telah menerapkan program serupa di Terminal Terpadu Depok dan Stasiun Depok Baru.

“Bahkan, di Terminal Terpadu pakai musik hidup. Kami mengikutsertakan para pengamen jalanan. Mereka memberikan edukasi melalui lagu agar tertib dalam berlalu lintas,” jelasnya.

Dadang menambahkan, pemutaran lagu Tiblantas bukan untuk mengatasi kemacetan. Terlebih, mengusir stres masyarakat yang mengalami kemacetan.

“Setiap program yang dirancang tentu memiliki tujuan tersendiri. Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara aman berkendara, juga tugas dari Dishub Kota Depok,” ucapnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :