Psikolog Puspaga Harmoni, Anita Widayanti, saat memberikan materi pengasuhan anak dihadapan warga Cilodong. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Harmoni terus melakukan upaya demi membantu Pemerintah Kota (Pemkot) mewujudkan Kota Ketahanan Keluarga di Depok. Salah satu langkahnya dengan membagikan tips pengasuhan anak zaman sekarang (now) kepada warga.

Menurut Psikolog Puspaga Harmoni, Anita Widayanti, tantangan pengasuhan anak zaman now yaitu semua urusan serba instan. Kini, masyarakat khususnya anak-anak sering memanfaatkan telepon seluler dan media sosial yang berdampak pada dominasi kehidupan mereka.

“Hal tersebut berakibat anak-anak punya banyak panutan bukan hanya orangtua dan orang terdekat saja. Namun juga para tokoh yang dikenalnya melalui internet dan media sosial,” ujar Anita kepada depok.go.id usai menjadi narasumber kegiatan Bincang Keluarga, di RT 04 RW 02, Cilodong, belum lama ini.

Terlebih lagi, sambungnya, apabila kurangnya kedekatan dan intensitas komunikasi antara orangtua dan anak menjadi masalah tersendiri. Padahal, komunikasi merupakan faktor utama dalam keharmonisan keluarga, baik pasangan suami istri maupun orangtua dengan anak.

“Solusinya adalah bangun kedekatan anak dan orangtua sejak dini. Komunikasi empatik, pembangunan karakter dengan sosok ayah sebagai panutan, dan kekompakan antara ayah dan bunda,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :