Salah satu fasilitas yang terdapat di Situ Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis. (Foto: Istimewa).

depok.go.id – Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis dijanjikan akan direvitalisasi menjadi tempat wisata air bagi masyarakat Depok. Melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Direktorat Jendral Sumber Daya Air, terlebih dahulu situ tersebut bakal dinormalisasi dengan pengerukan lumpur dalamnya.

Menurut Lurah Curug Bambang, pihak Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kelurahan Curug terkait rencana tersebut. Untuk itu, dukungan masyarakat dibutuhkan demi memperlancar proyek revitalisasi situ agar dapat segera dilakukan.

“Alhamdulillah, warga sekitar sangat mendukung rencana revitalisasi yang akan dilakukan tahun ini. Dukungan itu agar keberadaan situ dapat lebih baik dan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan,” tuturnya kepada depok.go.id, Rabu (17/07/2019).

Dikatakan Bambang, selain dilakukan pengerukan nantinya akan dilakukan pembangunan turap di lokasi sekitar Situ Rawa Kalong. Tidak hanya itu, juga akan dibuatkan jogging track yang dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk berolahraga.

Dirinya menambahkan, dengan rencana tersebut diharapkan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat optimal dalam mengerjakan proyek revitalisasi Situ Rawa Kalong ini. Dengan begitu, masyarakat sekitar bisa memanfaatkan situ, sehingga meningkatkan ekonomi melalui sektor pariwisata yang di Situ Rawa Kalong.

“Semoga proses revitalisasi dapat segera dilakukan. Ini juga untuk membantu perekonomian masyarakat dengan pemanfaatan Situ Rawa Kalong,” harapnya.

Untuk diketahui, nantinya setelah dilakukan normalisasi situ oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane. Maka dalam penataan Situ Rawa Kalong bakal dikerjakan oleh Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :