Personel Tagana mengantarkan bantuan logistik kepada korban kebakaran. (Foto: Janet/Diskominfo)

depok.go.id-Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Depok memberikan bantuan logistik kepada korban kebakaran di Jalan Kartini, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Selasa (16/07/2019). Bantuan logistik yang disalurkan berupa beras, minyak goreng, mi instan dan kebutuhan pangan lainnya selama 3 hari.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok, Tri Redjeki Handayani mengatakan, pemberian bantuan logistik tersebut masuk sebagai klaster penanganan bencana di Kota Depok. Di mana di dalamnya, ada Tagana yang harus menyalurkan bantuan logistik dan perlengkapan kebersihan untuk pengungsi, menyediakan dapur umum dan memberikan pendampingan melalui Layanan Dukungan Psikososial (LDP).

“Di Depok bencananya tidak masif. Kita tidak perlu sampai membuka dapur umum. Misalnya, bencana kebakaran ini. Tagana hanya menyalurkan bantuan logistik untuk 3 hari ke depan sesuai Permensos No 29 Tahun 2018 tentang Tagana,” ujarnya kepada depok.go.id, kemarin.

Dikatakannya, setiap bantuan yang diberikan disesuaikan dengan jenis bencananya. Bahkan, kewenangannya pun terbagi baik Pemkot Depok, pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat.

“Untuk korban kebakaran ini kami memberikan bantuan 10 kg beras, 4 liter minyak goreng, 1 dus mi instan, serta 1 dus air mineral disesuaikan dengan jumlah korban kebakarannya dan masih dalam kewenangan Pemkot Depok,” katanya.

Dirinya menambahkan, dengan keberadaan personel yang terlatih Tagana Kota Depok terus berupaya sigap dalam penanganan bencana. “Tagana Kota Depok memiliki 40 personel yang siaga di 11 kecamatan Kota Depok,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :