1 2

Setelah Memimpin Upacara HUT RI 68, Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il meluncurkan air PDAM Tirta Asasta yang bisa diminum di Lapangan Balai Kota Depok pada Sabtu 17 Agustus 2013. Air PDAM yang layak minum ini terdapat tiga titik, yakni di halaman Masjid Agung Balai Kota Depok, halaman parkir Gedung Baleka, dan di lapangan besar Balaikota Depok. Dalam peresmiannya Walikota Depok dengan didampingi oleh Ketua PKK Depok dan Kepala OPD lainnya mengatakan air ini siap diminum sepuasnya selama 24 jam dan menggunakan sistem Reverse Osmosi (RO).

Reverse Osmosi adalah merupakan metode penyaringan yang dapat menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberikan tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi. Air minum ini dapat diminum sepuasnya selama 24 jam. Sementara itu Direktur PDAM Tirta Asasta Kota Depok Muhammad Olik, air PDAM itu lebih baik dari air kemasan. Sebab air Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan, sehingga zat pelarut murni bisa mengalir ke lapisan berikutnya.

Menurut Direktur PDAM Depok Muhammad Kholik, air tersebut telah melalui proses uji laboratorium dan hasilnya sudah sesuai standar layak untuk diminum. Sumber air berasal dari sumber PDAM, yang dimasukan instalasi RO dan telah siap untuk diminum. Terkait soal rasa air, Nur Mahmudi Isma’il menjelaskan rasa airnya sudah layak.  PH yang dicapai di kisaran angka tujuh. Untuk PH air minum yang sesuai standar kesehatan adalah 6,5 sampai 8,5. Dan uji laboratorium mengatakan PH sumber air minum langsung ini sudah layak untuk diminum.

3 4

Bagikan post melalui :