Wakil Walikota

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna saat bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam kegiatan penurunan bendera HUT RI ke 71 di Balaikota Depok, Rabu (17/8/2016)

depok.go.id – Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam kegiatan penurunan bendera merah putih Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 71 di Balaikota Depok, Rabu (17/8/2016).

Upacara yang berlangsung secara khidmat tersebut dihadiri oleh Dandim 0508, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Depok, veteran pejuang kemerdekaan, serta para pelajar di Kota Depok.

Upacara penurunan bendera ini sedikit berbeda dengan pengibarannya. Pada upacara ini hanya dilakukan penurunan bendera saja oleh Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), tanpa ada sambutan dari Inspektur Upacara ataupun pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, dan lain sebagainya. Selain itu, dalam upacara tersebut tidak dilakukan pula menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya maupun lagu wajib nasional.

Selain itu, Paskibraka yang biasanya datang dari arah Balaikota, untuk tahun ini datang dari Lapangan Polresta Depok yang letaknya berseberangan dengan Lapangan Balaikota. Hal ini dimaksudkan agar euforia HUT RI ke 71 juga dapat dirasakan oleh masyarakat yang tengah melintas sepanjang jalan Margonda.

Sebelumnya, Walikota Depok Mohammad Idris dalam sambutannya mengatakan bahwa kemerdekaan senantiasa mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa, termasuk Indonesia.

“Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya oleh dunia telah didapatkan bangsa ini dengan perjuangan berat tak kenal pamrih. Dengan modal kemerdekaan, suatu bangsa akan memiliki harga diri dan dapat bersama-sama duduk saling berdampingan dengan bangsa-bangsa di dunia,” pungkasnya. (Vidyanita/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :