biasdepok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melalui seluruh Puskesmas yang ada di Kota Depok menggelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kegiatan tersebut merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun.

“Saat ini kami sedang menjalankan pekan imunisasi, sudah dilakukan sosialisasi ke Puskesmas dan selanjutnya mereka menindaklanjutinya,” tutur Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Agus Gojali saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (17/09/2015).

Dalam hal ini, pihak Puskesmas mendatangi seluruh sekolah, baik sekolah dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang ada di Kota Depok. Siswa yang mendapatkan fasilitas imunisasi tersebut merupakan siswa kelas 1 dan 2. Pekan imunisasi ini diselenggarakan sejak Agustus hingga November. Adapun imunisasi yang diberikan yaitu vaksin untuk campak, gejala campak, difteri tetanus (DT), dan tetanus difteri (TD).

Agus berharap, dengan adanya pekan imunisasi ini seluruh generasi penerus khususnya di Kota Depok dapat terlindung dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus, sehingga penularannya tidak terjadi dengan cepat.

“Campak, DT, dan TD penyebarannya sangat cepat, melalui imunisasi kekebalan tubuh seseorang dapat lebih tinggi, sehingga tidak akan mudah terserang penyakit tersebut,” tutupnya.

Imunisasi sendiri merupakan suatu proses pemberian kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit dengan memasukkan sesuatu ke dalam tubuh agar tubuh tahan terhadap penyakit yang sedang mewabah atau berbahaya bagi seseorang. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :