depok.go.id – Upaya memberikan kesejahteraan bagi anak, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok akan menerbitkan Kartu Identitas Anak. Hal tersebut juga dilakukan sebagai salah satu upaya dalam menyukseskan program andalan Kota Depok, yaitu Depok Layak Anak.

“Insya allah akan kami terbitkan bulan depan,” tutur Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (17/09/2015).

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Seni, dan Budaya (Disporaparsenbud) tersebut menambahkan bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan regulasi dengan bentuk peraturan Walikota (Perwa) serta mencari mitra kerja yang peduli dengan kesejahteraan anak. Hal ini dilakukan agar anak-anak nantinya mendapat fasilitas potongan harga pada sektor pendidikan, kesehatan, olahraga, atau pariwisata.

Ide pembuatan kartu identitas yang dikhususkan bagi anak usia 5 hingga 17 tahun tersebut berasal dari wilayah lain yang telah meluncurkannya terlebih dahulu. Wilayah tersebut di antaranya Bantul, Yogyakarta, Solo, dan Malang.

“Banyak kabupaten dan kota sudah menerapkan ini, maka kami ingin menerbitkan kartu identitas sebagai salah satu upaya mewujudkan layak anak di Kota Depok,” ujar lelaki yang kerap disapa Munir tersebut.

Adapun untuk pembuatan kartu ini, masyarakat dapat langsung datang ke Kantor Disdukcapil di Gedung Dibaleka II, lantai 2 Balai Kota Depok. Sementara syarat yang harus dipenuhi, yaitu warga Kota Depok, identitas anak, serta mencantumkan kartu keluarga (KK).

Terakhir, dengan diterbitkannya kartu ini diharapkan seluruh anak yang ada di Kota Depok mendapatkan hak dengan sepenuhnya, sehingga kesejahteraannya dapat terpenuhi dengan baik. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :