Reikadepok.go.id – Upaya memberikan informasi dan wawasan yang lebih maksimal kepada para pecinta maupun pembudidaya ikan hias, Balai Penelitian dan Pengembangan Budi Daya Ikan Hias (Balitbangdias) meluncurkan Cetak Biru REIKKA serta peluncuran Digital Informasi pada kegiatan  REIKKA (Rekreasi, Edukasi, Informasi, Komunikasi, Konservasi, dan Atraksi) 2015 di aula lantai 1 Balai Kota Depok, kemarin (16/09/15).

Kepala Balitbangdias, Heru Prihadi mengatakan, Cetak Biru REIKKA merupakan masterplane pengembangan Litbang budi daya ikan hias di Indonesia, sedangkan Digital Informasi merupakan inovasi penyebaran hasil Litbang berbasis cyber yang di dalamnya memuat perpustakaan berbasis digital android.

“Diharapkan peluncuran kedua hal tersebut dapat membuat pengembangan dan penyebaran hasil Litbang ikan hias di Indonesia menjadi lebih efektif,” ujarnya.

Buku ini berisi tentang potensi ikan hias Indonesia, posisi strategis balai, tantangan Balitbangdias, bidang penelitian, strategi keberhasilan Litbang budi daya ikan hias, serta konsep REIKKA. Buku ini merupakan panduan dalam penyelenggaraan Litbang yang didukung adanya sinergitas baik antara peneliti, para stakeholder, serta masyarakat lainnya.

Tidak jauh berbeda, untuk aplikasi Digital Informasi di dalamnya memberikan layanan berupa informasi seputar pembudidayaan ikan hias, jenis-jenis ikan hias, serta galeri.

“Saat ini untuk mengetahui perkembangan ikan hias tidak sulit, cukup dengan satu jari kita mampu melihat secara keseluruhan. Jelas lebih mudah,” tutur Heru.

REIKKA sendiri merupakan event nasional yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan menggandeng Pemerintah Kota Depok, khususnya Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan), serta melibatkan beberapa pelaku usaha budi daya ikan hias maupun komunitas di bidangnya. Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, yaitu 16 hingga 17 september 2015. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :