Kepala Seksi Pengarusutamaan Gender dan Kerja Sama DPAPMK Kota Depok, Yati Sumiyati (kedua dari kanan). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) sangat serius menjadikan Depok sebagai kota ketahanan keluarga. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan membekali kader ketahanan keluarga yang tersebar di 11 kecamatan dengan pelatihan Training for Trainer (TFT) yang diisi oleh tim dari Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Harmoni.

Kepala Seksi Pengarusutamaan Gender dan Kerja Sama DPAPMK Kota Depok, Yati Sumiyati mengatakan, pelatihan ini dilakukan setahun sekali. Dalam pelaksanaannya, terdiri dari 6 seksi dengan mendatangkan kader ketahanan keluarga dari 11 kecamatan se-Kota Depok.

“Dari tiap kecamatan kami minta kirim 2 orang peserta untuk menjadi fasilitator, dengan jumlah seluruhnya sekitar 22 orang,” terang Yati, di Sekretariat Puspaga Harmoni, Gedung Dibaleka 2 lantai 1, Senin (17/09/2018).

Dirinya berharap, para kader yang telah dilatih dapat menjadi kepanjangan tangan Puspaga Harmoni untuk terjun ke masyarakat menyelesaikan permasalahan keluarga. Kemampuannya bisa dimanfaatkan menjadi narasumber di wilayahnya masing-masing, apabila dibutuhkan.

“Seluruh peserta yang sudah kami latih bagus-bagus, setidaknya ada 4 orang yang sudah bisa dilepas ke masyarakat. Sisanya kami akan terus melakukan pembinaan,” tandasnya.

 

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :