depok.go.id – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Manto, menegaskan Rawa Dengkul di Kampung Kebon Duren, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, bukan merupakan aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Sanggahan ini dilakukan, untuk menepis kabar yang beredar selama ini terkait kepemilikan lahan tersebut.

“Selama ini warga mengklaim Rawa Dengkul merupakan situ milik Pemkot Depok yang hilang, dan saat ini beralih fungsi sebagai daratan. Sebenarnya, Rawa Dengkul bukan situ milik Pemkot, tetapi rawa atau empang milik warga yang saat ini kabarnya sudah dibeli oleh pengembang,” ujar Manto, di Balai Kota Depok, Senin (17/09/18).

Dikatakannya, saat ini terdapat 23 situ yang masih eksis dan berada dalam pengawasan serta perawatan Pemkot Depok. Ke-23 situ tersebut masih berfungsi dengan baik, sebagai kawasan resapan air.

“Rawa Dengkul tidak ada dalam daftar 23 situ tersebut,” jelasnya.

Manto menjelaskan, selama ini Pemkot Depok hanya membantu memelihara, merawat dan menjaga keberadaan situ. Pemkot tidak bisa mengintervensi langsung, mengingat kepemilikannya ada yang berada di bawah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan kewenangannya berada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

“Kami membantu merawat kelestarian situ, itu pun harus seizin Kemen PUPR,” tegasnya.

Untuk diketahui, 23 situ yang masih eksis di Kota Depok antara lain, Situ Cilangkap, Situ Rawa Kalong, Situ Pedongkelan, Situ Tipar, Situ Jatijajar, Situ Patinggi, Situ Baru/Jemblung, Situ Gadog. Kedelapan situ tersebut berada di Kecamatan Cimanggis.

Selain itu ada juga, Situ Sidomukti, Situ Pangarengan, Situ Bahar yang berada di Kecamatan Sukmajaya. Situ Cilodong ada di Kecamatan Cilodong, Situ Pitara, Situ Asih Pulo, Situ Rawa Besar, Kecamatan Pancoran Mas dan Situ Citayan Kecamatan Cipayung.

Adalagi empat situ di dalam kawasan Universitas Indonesia (UI) dan Situ Pladen di Kecamatan Beji. Terakhir Situ Bojongsari dan Situ Pengasinan di Kecamatan Sawangan.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :