Puluhan siswa SDN 31 Mekarjaya tengah praktik cara menangani pelajar yang pingsan. (Foto : Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 31 Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya berkomitmen mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Salah satu upayanya dengan memberi pembinaan ke 50 siswa terpilih, dari kelas III dan VI, yang akan dilantik menjadi dokter kecil (dokcil) sekolah.

Kepala SDN 31 Mekarjaya, Beti Nurbaeti mengatakan, keberadaan dokcil sekolah merupakan implementasi program Usaha Kesehatan Siswa (UKS) di setiap satuan pendidikan. Dengan adanya dokcil, menjadi sarana bagi sekolah mengedukasi siswanya tentang Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

“Karenanya sebelum dilantik dan menjalankan tugas sebagai dokcil, kami beri pengetahuan terkait kesehatan di sekolah,” katanya usai acara pembinaan di SDN 31 Mekarjaya, Selasa (17/09/2019).

Lebih lanjut, ucapnya, sejumlah pemateri hadir pada pembinaan ini. Antara lain Kepala Unit Pelaksana Fungsional (UPF) puskesmas Baktijaya, Anita Rahmawati dan Asisten Dokter Yeni Maesaroh. Mengenai materinya, sambung Beti, siswa diberikan pengetahuan mengenai Trias UKS, pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pendidikan lingkungan hidup.

“Termasuk sosialisasi PHBS, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), tentang gizi dan hidup sehat, serta program UKS,” tuturnya.

Menurutnya, para siswa juga langsung mempraktikan materi tentang P3K. Hal itu agar mereka bisa menangani kejadian kegawatdaruratan di lingkungan sekolah.

“Pelatihan hanya sehari, insya Allah besok mereka akan resmi dilantik oleh Kepala UPF Baktijaya menjadi dokcil, ” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :