Peneliti dan Legal Drafter Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Rohani Budi saat mengisi materi dalam Pertemuan Tim Pembinaan dan Pengawas KTR, Ruang Sekber, Gedung Dibaleka II Lantai 1, Senin (17/12/2018). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah miliki Peraturan Daerah (Perda) No 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Untuk implementasinya, kawasan Balaikota Depok harus menjadi tempat pertama yang menjadi wilayah bebas asap rokok. Karena hal ini menunjukkan komitmen yang tinggi dari Pemkot Depok dalam menerapkan KTR.

Peneliti dan Legal Drafter Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Rohani Budi mengatakan, dengan dimulainya Balaikota Depok bebas asap rokok menunjukkan komitmen Pemkot Depok dalam penerapan Perda KTR. Selanjutnya bisa ditempat lainnya seperti tempat umum, pusat perbelanjaan, sekolah, hingga pelayanan kesehatan.

“Kalau wilayah Balaikota Depok sudah bebas asap rokok, masyarakat tentunya akan mencontoh di wilayahnya masing-masing,” ujar Budi, usai mengisi materi dalam Pertemuan Tim Pembinaan dan Pengawas KTR, Ruang Sekber, Gedung Dibaleka II Lantai 1, Senin (17/12/2018).

Ditambahkannya peran tim pengawas dan pembinaan KTR juga harus konsisten dan berkesinambungan melakukan Sidak ke tempat yang masih didapat orang yang merokok. Hingga pada akhirnya diharapkan akan ada perubahan perilaku dari masyarakat yang masih merokok.

“Cara lainnya yakni dengan memperbanyak banner KTR dan letakkan di banyak tempat, ataupun lakukan pengumuman berulang-ulang setiap 5 atau 10 menit sekali bahwa sedang berada di wilayah KTR, agar semakin paham sedang berada di wilayah KTR sehingga tidak akan merokok,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Forum Kota Depok Sehat (FKDS) Elly Farida mengungkapkan pihaknya sangat mendukung tegaknya Perda KTR. Termasuk dirinya akan mengerahkan kader PKK yang ada di kecamatan dan kelurahan, maupun pengurus FKDS, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), ataupun Pokja Kelurahan Sehat untuk menggaungkan KTR di seluruh wilayah Kota Depok.

“Kita tidak akan tanggung-tanggung untuk menyukseskan Perda KTR kader kami akan siap terjun langsung, termasuk harus dapat melakukan koordinasi dan pertemuan rutin dengan mengadakan program turunannya,” ucapnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor : Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :