Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat terus dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. Salah satunya dengan melibatkan Puskesmas mengikuti proses akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari mengatakan, untuk tahun 2019, sebanyak enam Puskesmas akan mengikuti proses akreditasi.

“Akan ada penambahan Puskesmas yang terakreditasi. Ini sudah menjadi program kami dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Depok,” jelas Enny, sapaannya, Jumat (18/01/19).

Menurutnya, Puskesmas yang akan mengikuti proses akreditasi sudah ditentukan dan sesuai dengan kesiapan Puskesmas tersebut. Adapun enam Puskesmas itu antara lain Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Pasir Gunung Selatan, UPF Puskesmas Kemiri Muka, UPF Puskesmas Pondok Sukmajaya, UPF Puskesmas Pondok Sukmajaya, UPF Puskesmas Kedaung, dan UPF Puseksmas Pasir Putih.

Lebih lanjut, ucap Enny, setiap Puskesmas harus sudah mulai mempersiapkan ketersedian Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga medis yang mumpuni serta sarana dan prasarana sebagai pelengkap pelayanan. Tak hanya itu, dibutuhkan juga dukungan dari stakeholder terkait di wilayah dan mulai melakukan penyusunan dokumen akreditasi.

“Persiapan harus sudah mulai dilakukan di masing-masing Puskesma agar saat dijadwalkan survei dari Kemenkes, seluruh persyaratan sudah selesai,” katanya.

Terakhir, Enny berpesan kepada semua Puskesmas yang akan mengikuti proses akreditasi untuk memaksimalkan persiapan. Dengam begitu, nantinya proses akreditasi dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :