Camat Cipayung, Asep Rahmat. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Temuan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Cipayung, langsung direspons Camat Cipayung, Asep Rahmat. Agar dampaknya tidak meluas, Asep meminta seluruh RT dan RW yang ada di wilayah Cipayung untuk membentuk tim Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Saat ini DBD sedang menyerang beberapa wilayah, tidak terkecuali Kecamatan Cipayung. Untuk itu, kami mengimbau seluruh RT dan RW agar membentuk tim PSN,” ujar Asep saat ditemui di kantornya, Jumat (18/01/19).

Dikatakannya, imbauan ini rutin disampaikan dalam setiap kesempatan. Tak lupa, pihaknya juga kerap berkoordinasi dengan Puskesmas Cipayung dan Puskesmas Ratujaya untuk bersama-sama memberantas penyebaran penyakit DBD.

“Ini juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) akibat penyakit DBD. Jadi, kita sudah siap dengan anggota tim PSN yang sudah terbentuk. Saat ini anggota PSN ada yang aktif dan perlu kita gaungkan lagi,” katanya.

Senada dengan itu, Kepala Puskesmas Cipayung, Kurnia Permitasari, mengaku telah memberikan penyuluhan serta bubuk abate secara cuma-cuma kepada warga di lingkungan Cipayung. Dalam memantau pencegahan DBD, dirinya juga dibantu kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) yang intens memberikan laporan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk melakukan PSN di rumah masing-masing. Dengan cara melihat air didispenser, belakang kulkas, mengecek bak mandi, serta menyingkirkan tumpukan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Ini upaya untuk meminimalisir jentik nyamuk yang bersarang di lingkungan terdekat,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :