dr uksBerkembangnya UKS di Kota Depok kini menjadi bukti betapa pentingnya kesehatan bagi Pelajar. Pasalnya, hampir seluruh sekolah di Kota Depok kini memiliki UKS sebagai bentuk peningkatan bidang kesehatan di tempat belajar mengajar tersebut.

Saat ini, terhitung sejak Desember 2014 Depok memiliki banyak UKS. Untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sebanyak 351, Sekolah Dasar (SD) 474, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 160, dan Sekolah Menengah Pertama (SMA) berjumlah 111 UKS.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran aktif Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok yang tahun lalu sebagai penggerak utama program UKS di Kota Depok. Dalam hal ini, Dinkes telah melakukan berbagai upaya dalam memajukan unit kesehatan tersebut. Selanjutnya, meskipun tahun ini tidak menjadi leading sektor UKS, pihaknya akan terus bersinergi dalam memajukan UKS di Kota Depok.

 “Alhamdulillah Depok kini memiliki banyak UKS, sehingga anak-anak akan memahami pentingnya kesehatan yang dimulai dari lingkungan sekolah,” tutur Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, Intan Yustisia usai mengikuti rakor TP-UKS di Aula Lantai 5 Balaikota Depok, Rabu (18/02/2015).

Kegiatan yang akan terus dilakukan dalam menyukseskan UKS di Kota Depok tersebut diantaranya melakukan monitoring dan evaluasi (monev) kantin sekolah dan jajanan sekolah, penyuluhan makanan sehat dan tidak sehat, pelatihan pengawas pangan cilik, bulan imunisasi anak sekolah (BIAS), seminar imunisasi bagi orang tua anak SD, inspeksi sanitasi sekolah, serta penyuluhan PHBS.

Dalam hal ini, Intan berharap adanya koordinasi antar OPD. Mengingat kemajuan UKS tidak hanya tanggung jawab Dinkes saja, karena juga membutuhkan peran dinas terkait seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dalam melakukan pemilahan sampah di setiap sekolah.

Bagikan post melalui :