uks rakorTim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP-UKS) Kota Depok menggelar rapat koordinasi di Aula Lantai 5 Balaikota Depok, Rabu (18/02/2015). Dalam hal ini, rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad.

Pertemuan awal di 2015 tersebut dihadiri pula oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok yang tahun ini menjadi penggerak utama pada pembinaan UKS di Kota Depok. Selain itu, juga dihadiri oleh OPD terkait yang tergabung pada TP-UKS, perwakilan Kementerian Agama Kota Depok, serta camat se-Kota Depok.

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan bahwa, rakor digelar bertujuan agar TP-UKS di Kota Depok lebih berdaya, lomba sekolah sehat dapat terus berjalan, serta guna melakukan sinkronisasi mengenai keberadaan UKS di setiap sekolah pada masa yang akan datang.

“Kami selalu berkoordinasi demi meningkatkan prestasi anak-anak mengenai masalah kesehatan. Sehingga kegiatan yang ada tidak hanya ceremony saja,” tutur Wakil Walikota Kelahiran Jakarta.

Ketua TP-UKS Kota Depok tersebut mengungkapkan bahwa, UKS merupakan aktivitas yang strategis dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dari segi pendidikan dan kesehatan. UKS sendiri memiliki pedoman yang biasa disebut Trias UKS. Komponen yang terdapat pada prinsip tersebut meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan sekolah lingkungan sehat.

“Banyak indikasi dalam meningkatkan pelayanan UKS, dengan begitu setiap OPD kami minta untuk bergerak bersama demi memajukan unit kesehatan tersebut,” tambah Alumni Gontor tersebut.

Sementara, Kepala Sub Bagian PNP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Lisa, juga akan berupaya lebih maksimal dalam menangani kemajuan UKS di Kota Depok. Mengingat tahun ini pihaknya yang menjadi motor penggerak utama, setelah tahun lalu dikelola oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

 “Kami akan rutin melakukan pembinaan secara berkelanjutan demi membuat sekolah sehat melalui UKS. Sehingga sehat jasmani dan rohani dapat terwujud di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Penulis    : Indri Purnama
Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :